CATEGORIES

Sebagai alat penyemprotan mekanik bertekanan tinggi, High Pressure Washer (HP Washer) biasa dipakai untuk membersihkan permukaan luas dan sudut-sudut yang sulit diakses dari kotoran, debu, dan lumpur, seperti pada kendaraan, bangunan, maupun alat-alat berat.

Karena pressure washer memiliki banyak jenis untuk pemakaian yang berbeda, seperti penggunaan di rumah (residensial), komersial ringan (light commercial), dan penggunaan profesional maupun industrial, sangat penting untuk mengetahui pekerjaan seperti apa yang akan menggunakan pressure washer.

Home use

Pressure washer elektrik berukuran 1300-1900 psi (90 – 131 bar) biasa digunakan untuk menangani pekerjaan rumah, seperti mencuci mobil, furniture outdoor, playset yang terbuat dari plastik, teras dan halaman belakang. Untuk pekerjaan tersebut, carilah pressure washer yang memiliki selang fleksibel bertekanan tinggi dengan desain padu dan ringan, pipa semprot (nozzle) yang beragam, tangki deterjen, gagang semprotan baja profesional, dan kabel listrik.

Commercial use

Sedangkan penggunaan pressure washer bertenaga gas bertekanan 2000-3100 psi (138 – 214 bar) biasanya untuk kebutuhan komersial, walaupun tidak menutup kemungkinan digunakan di rumah, seperti penanganan teras, patio, pagar, dan kendaraan. Anda yang termasuk pada kategori ini dapat memilih pressure washer yang memiliki noken as atau katup mesin premium, pompa noken aksial dengan kepala aluminium atau kuningan untuk menangani tekanan tinggi, rangka kuat, roda besar, selang steel-braided bertekanan tinggi, gagang baja model profesional dengan penghubung yang mudah dipasang dan ujung semprotan yang bervariasi.

Professional use

Selanjutnya, pemakaian pressure washer bertekanan 3200-4200 psi (220 – 290 bar) digunakan untuk penggunaan profesional, seperti mengelupaskan cat dan mempersiapkan bagian permukaan, pembersihan grafitti, pembersihan area konstruksi, dan pemeliharaan armada seperti kendaraan berat hingga kapal. Pastikan Anda memilih pressure washer dengan mesin berseri komersial, pompa triplex komersial, rangka baja yang dilas dan poros baja solid, selang steel-braided bertekanan tinggi, gagang baja model profesional dengan penghubung yang mudah dipasang dan ujung semprotan yang bervariasi.

Safety Tips

Penggunaan alat ini bukannya tanpa risiko, bila seseorang berada terlalu dekat dan terkena semprotan kuat dan cepat dari pressure washer dapat menyebabkan cedera. Selain itu, bila tidak menggunakannya dengan benar dan hati-hati, Anda bisa terkena sengatan listrik. Oleh karena itu, sama seperti peralatan lainnya, terdapat beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan saat menggunakan pressure washer:

1. Hal terpenting adalah ikuti instruksi keamanan dan stiker peringatan yang terdapat pada washer.

2. Selalu pakai kacamata pelindung (safety goggles) untuk melindungi mata Anda dari kemungkinan terkena semprotan langsung atau percikan air yang keluar untuk  pressure washer bertekanan diatas 3000 psi.

3. Hati-hati akan bahaya sengatan listrik saat menggunakan pressure washer, percikan air yang mungkin saja mengenai pelistrikan disekitar area akan menjadi sangat berbahaya, maka gunakan sepatu bersol karet untuk proteksi tambahan pada setiap titik pelistrikan disekitar area.

4. Saat membersihkan permukaan kayu dengan pressure washer, pastikan Anda menggunakan nozzle tekanan tinggi yang sesuai, agar tidak merusak kayu, tekanan air dibawah 3000 psi.

5. Saat menggunakan pressure washer, jangan pernah mengarahkannya pada siapapun, baik orang ataupun hewan.

6. Saat menggunakan pressure washer elektrik, selalu sambungkan ke outlet circuit breaker (GFCI) yang dipasang dengan benar, berapapun besar tekanan pressure washer Anda untuk menghindari terjadinya korslet.

7. Mesin dan motor dari pressure washer dapat menjadi sangat panas ketika digunakan dalam waktu yang lama, maka hati-hati saat memindahkannya.

8. Saat Anda tidak sedang menyemprot, sebaiknya pasang kait pengaman untuk mencegah sprayer menyemprot air dengan tak sengaja, yang bisa mengenai orang sekitar.

9. Setelah mematikan pressure washer, selalu ingat untuk melepaskan tekanan dalam mesin dengan menekan pemicu sebelum melepas selang dan nozzle.

Semakin kecil sudut nozzle yang digunakan makan akan semakin kencang pula tekanan yang dihasilkan, sehingga tingkat resiko akan semakin besar pada penggunaan sudut nozzle yang kecil. Pastikan sudut dari penggunaan pressure washer benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Utamakan keselamatan kerja dan kesempurnaan hasil kerja Anda dengan peralatan di www.klikmro.com dengan berbagai pilihan mesin pressure washer, keamanan pelistrikan, serta alat pelindung diri.