CATEGORIES

Sistem proteksi petir harus mampu melindungi manusia maupun peralatan, baik dari bahaya sambaran langsung (external protection) maupun sambaran petir tidak langsung (internal protection), serta penyediaan grounding system yang memadai dan terintegrasi dengan baik. Proteksi petir juga harus didesain dengan memperhitungkan kemungkinan petir tersebut menyambar di rumah dan gedung/bangunan.

Metode proteksi tersebut disebut juga dengan  SIX POINT PROTECTION PLAN, yaitu persiapan perlindungan yang sangat efektif dan dapat diandalkan terhadap serangan petir:

1. Menangkap Petir

Hal ini dilakukan dengan menyediakan sistem penerimaan (air terminal) yang dapat dengan cepat menyambut luncuran arus petir, dalam hal ini memasang lightning rod atau penangkal petir.

2. Menyalurkan Petir

Luncuran petir yang telah ditangkap disalurkan ke tanah/arde secara aman tanpa mengakibatkan terjadinya loncatan listrik (imbasan) ke bangunan atau manusia, dapat dilakukan dengan memasang jalur LPS (Lightning Protection System).

3. Menampung Petir

Menampung petir dilakukan dengan membuat sistem pembumian atau grounding system sebaik mungkin (direkomendasikan hambatan tanah dibawah 1 ohm dengan maksimum 5 ohm). Hal ini dikarenakan agar arus petir yang turun dapat sepenuhnya diserap oleh tanah dan menghindari terjadinya step potential.

4. Proteksi Grounding

Proteksi grounding dilakukan untuk mencegah terjadinya loncatan yang ditimbulkan dari adanya perbedaan potensial tegangan antara satu sistem pembumian dengan yang lainnya.

5. Proteksi Jalur Power

Proteksi terhadap jalur power sangat diperlukan untuk mencegah induksi ke peralatan yang melalui jalur power (yang umumnya bersumber dari jaringan listrik yang cukup jauh).

6. Proteksi Jalur Data/Komunikasi

Memproteksi seluruh jalur data yang melalui peralatan telephone data dan signaling.

 Sumber : electrical-knowhow.com

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pengukuran karakteristik nilai hambatan tanah yang berbeda-beda dari satu daerah lokasi ke daerah lokasi lainnya. Dari hasil pengukuran tersebut diperoleh data sebagai acuan yang diterapkan untuk segala jenis sistem instalasi, baik kelistrikan, maupun sistem proteksi. Proteksi grounding, jalur power, dan jalur data/komunikasi Anda dengan memasang arrester atau peralatan proteksi surge protection device (SPD). Peralatan SPD berkualitas dan aman dapat Anda temukan di www.klikMRO.com/electrical-and-ligthing.