CATEGORIES

Baik untuk mengetahui dasar dari pemeliharaan sederhana atau ingin membutuhkan bor tambahan, bor (drill) yang baik sangat penting untuk dimiliki. Saat ini pasar power tools, khususnya bor, sedang mengalami pergantian tren dari yang tadinya menggunakan kabel menjadi tanpa kabel (cordless tools). Ke depannya, peralatan tanpa kabel tersebut akan bertambah daya tariknya, karena kemudahan penggunaan dan keunggulan kinerjanya. Dengan memakai bor cordless, tidak perlu lagi kerepotan dengan kabel yang kurang praktis dan mengganggu mobilitas Anda.

Selain itu, terjadi perubahan penggunaan baterai, dengan baterai Lithium-ion (Li-Ion) menggantikan baterai nickel cadmium (Ni-Cd) karena keunggulan Li-Ion, antara lain ringan, sangat efisien, lebih singkat waktu pengisian ulang, dan masa pakai lebih panjang dibandingkan Ni-Cd. Perubahan penggunaan baterai ini juga memengaruhi harga bor cordless yang jauh lebih terjangkau dibandingkan saat memakai baterai NiCd.

Keuntungannya, terdapat ratusan bor yang tersedia di pasaran. Kekurangannya, Anda kesulitan memilih mana yang tepat. Dengan banyaknya model dan tipe bor yang berbeda, sangat mudah membeli peralatan yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Solusinya? Gunakan bor yang sesuai dengan bagaimana Anda akan menggunakannya.

Untuk mengetahui bor cordless mana yang harus Anda gunakan, perhatikan tiga skenario di bawah ini. Bila Anda membutuhkan peralatan yang lebih dari yang dimiliki, Anda dapat membeli dengan daya dan pilihan yang sesuai atau menyewa bor bertegangan tinggi untuk proyek yang membutuhkannya.

Light Maintenance and Repair

Pertama, untuk pemeliharaan dan perbaikan ringan, seperti memasang braket gorden, mengebor lubang untuk drywall anchor atau sejenis paku dengan kepala bundar, merakit panggangan barbecue, memasang pegangan pada pintu kabinet dan laci, serta melepas dan mengganti engsel pintu.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut memiliki waktu pengerjaan yang singkat, maka peralatan dengan satu baterai merupakan pilihan yang tepat. Untuk membuat lubang dan memasang sekrup, gunakan bor dengan dua kecepatan tetap (300 rpm dan 800 rpm), kecepatan yang berubah-ubah dapat menjadi pilihan. Selain itu, temukan bor dengan kopling yang dapat disesuaikan. Untuk kombinasi terbaik antara daya, harga, dan portabilitas, gunakan bor dengan jangkauan 6 hingga 7.2V.

Repair and Remodeling

Kemudian, untuk pekerjaan renovasi dan perbaikan, seperti membangun rak penyimpanan, mengganti pagar dek dan tiang pancang, memasang sekrup pada kayu keras atau plywood, membuat furnitur, dan memasang plafon.

Anda membutuhkan bor dengan kecepatan bervariabel, dua rentang kecepatan, sebuah kopling (clutch), dan sebuah T-handle, yaitu pegangan dengan dasar menggembung untuk menghindari tangan slip dan sebagai tempat baterai. Pastikan Anda memiliki baterai kedua agar bor tidak mati di tengah-tengah proyek. Gunakan alat dengan daya minimum 9.6V, Anda akan membutuhkan daya tambahan. Bahkan, 12V bor cocok untuk jenis pekerjaan di atas, namun tambahan daya tersebut akan membuat ukuran bor lebih besar dan lebih berat.

Heavy-Duty Construction

Pekerjaan-pekerjaan seperti mengebor lubang untuk baut dan paku pada kayu pra-tekan (pressure-treated wood), mengebor lubang di dinding bata, memasang dek, dan mengebor baja. Proyek yang memerlukan pengeboran lubang berdiameter besar dan memasukkan sekrup panjang membutuhkan peralatan bertegangan tinggi. Pilihlah alat dengan daya 14.4V. Anda juga memerlukan 1/2inci kepala bor untuk menangani potongan-potongan lebih besar dan baterai yang lebih tahan lama.